Sabtu, 18 Oktober 2008

Nusantara

Assalamualaikum.

Ada satu hal yang langsung terlintas di pikiran saya atau mungkin sebagian besar diantara kita begitu mendengar judul tulisan ini. Hal tersebut adalah gugusan pulau pulau besar maupun kecil yang dikelilingi oleh samudra berwarna biru dengan ombak yang menari-nari. Atau sebuah dataran hijau yang subur dan diselimuti semilir angin yang sejuk. Kira-kira seperti iklan salah satu partai politik yang sering menghiasi layar kaca kita.

Menurut saya, begitulah gambaran nusantara ini sekian abad yang lampau. Saat para pelaut menghiasi lautan dengan kapal-kapal layarnya, para nelayan yang mengais rezeki di lautan, maupun peluh guratan keletihan di wajah para petani di sawah yang hijau menghampar. Itu betul, tapi itu ratusan tahun lalu, saat orang-orang belum mengenal kata kata seperti : politik, ekonomi, global warming, KKN dan sebagainya. Kini, nusantara atau kita mengenalnya sebagai Indonesia adalah sebuah negeri yang penuh sesak akan pemikiran-pemikiran baru. Asing tapi membuka wawasan, radikal tapi memberi perhatian, nyeleneh tapi ada baiknya, rasional tapi menganggu. Itulah perwujudan dari pemikiran baru para putra putri nusantara ini. Penuh warna dan semangat. Apalagi dibalut dengan sebuah alasan matang yang dapat dibenarkan secara praktiknya. Rumit terkadang menggambarkan pola pikir masyarakat nusantara ini. Tapi sekali lagi ini adalah sebuah hal yang memberi perubahan, karena kita bangsa yang akan selalu berubah. Mengikuti arus zaman seperti kapal layar tanpa nahkoda yang berlayar mengikuti arah angin. Bisa berlabuh di suatu pantai tapi bisa juga karam ditengah samudra yang luas.

Huff... capek sekaligus candu. Itulah penggambaran dari usaha membentuk bangsa ini menjadi bangsa bernahkoda. Sekali lagi, tetap semangat! Tetap berkarya! Karena kreatif adalah saat kita mampu menghubungkan sesuatu dari sesuatu yang kelihatannya tidak berhubungan. Itu kata dosen saya. Wassalam.

1 komentar:

  1. jgn serius x pak..

    hidup ne singkat...

    lebih bagus diabisin dengan sering2 ketawa...

    keep update zonakami yaw..
    makasi komentarnya.....!!

    BalasHapus

Comment Here!