Kamis, 13 November 2008

Apa itu Twitter?


Beberapa minggu lalu saat sedang browsing disitus udaramaya.com saya melihat sebuah polling disudut kanan halaman situs tersebut.Pertanyaannya: “Apakah anda menggunakan Twitter?” Seketika saya langsung mengernyitkan kening saya. Saya pun langsung memilih satu dari tiga jawaban yang ada: “Apa itu Twitter?”
Ya, apa itu Twitter? Karena situs udaramaya.com ini sebuah situs mengenai teknologi komputer, saya berpikir ini semacam hardware canggih yang baru dikeluarkan atau sebuah produk software yang memiliki duta “seekor” Tweety. Makhluk kartun berupa burung pipit kecil. Saya makin tertantang mengungkap jati diri Twitter ini karena hasil polling menunjukkan sekitar 77% pemakai polling juga memberi jawaban yang sama seperti saya alias tidak tahu.
Dari hasil penyelidikan saya, Twitter adalah...
Situs jejaring sosial seperti Facebook, Friendster atau My Space. Tapi Twitter berbeda dalam konsep yang ditawarkannya. Dengan kata-kata pamungkas: “What are you doing?” situs ini menekankan pada hubungan yang begitu terikat antar penggunanya. Pesannya pun dibatasi hanya 140 karakter. Nyaris seperti sms. Jadi situs bernama Twitter ini lebih mobile dan lebih update daripada situs jejaring sosial lain yang tadi saya sebutkan.
Lebih menarik Twitter ini adalah cepatnya informasi yang dapat anda terima. BBC menggunakan situs yang baru saja lahir pada tahun 2007 ini untuk mengirim berita terkini kepada para konsumennya. Barack Obama berkampanye juga dengan Twitter dan kini Downing Streer no.10 juga sedang menjajaki kemungkinan penggunaan Twitter. Melihat begitu suksesnya Twitter yang sudah memiliki user sebanyak 3.300.000 orang diseluruh dunia kini muncul situs-situs serupa di internet. Paling gres bernama Yammer.
Tapi, disarankan bagi anda yang ingin menggunakan Twitter untuk memiliki terlebih dahulu perangkat hp dengan fasilitas internet yang baik atau setidaknya laptop yang sering terkoneksi dengan internet. Sebab tanpa dua hal itu, Twitter anda tidak terupdate dengan cepat dan itu berarti sama saja dengan Friendster.

1 komentar:

Comment Here!